Headline

DPT Bisa Dicek di Website KPU

Fitriani | Sabtu, 24 Agustus 2013 - 16:28:19 WIB | dibaca: 1238 pembaca

MUARA BUNGO - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bungo meminta masyarkat agar aktif mengecek nama pemilih untuk pemilu tahun 2014 mendatang. Selain secara manual melalui kantor desa dan kelurahan, saat ini masyarakat dapat mengecek Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) secara online melalui website Komisi Pemilihan Umum (KPU),www.kpu.go.id.

“Silahkan chek langsung secara online di portal KPU pusat apakah sudah terdaftar apa belum,” terang Ketua KPUD Bungo Dailami melalui M Amin devisi penyelengara teknisi dan informasi KPU Bungo.

Sejak panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) menuntaskan proses verifikasi faktual terhadap data pemilih, posisi penyelenggara Pemilu tidak lagi bersifat aktif. Tetapi masyarakat lah yang diharapkan untuk aktif melakukan pengecekan terhadap setiap informasi tahapan Pemilu yang disampaikan penyelenggara Pemilu.

“Sikap proaktif itu sangat dibutuhkan sebagai bentuk partisipasi dalam pelaksanaan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu. Salah satunya, pada tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Jadi masyarakat dan penyelenggara harus sama-sama proaktif sehingga kualitas daftar pemilih menjadi lebih baik,” paparnya.

Amin juga  menyadari tingkat kesibukan warga, terutama di daerah perkotaan menyebabkan mereka tak punya waktu untuk hadir di ruang publik, salah satunya untuk mendatangi PPS dan melihat secara langsung pengumuman DPSHP yang ditempelkan di kantor desa dan kelurahan.

Menurut Amin, kemajuan teknologi selayaknya dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas demokrasi.

“Sekarang akses internet lebih banyak dilakukan dengan handphone. Kami ajak semua masyarakat untuk menyempatkan diri mengakses situs web KPU. Tidak hanya untuk kebutuhan pengecekan DPSHP tetapi untuk informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan semua tahapan Pemilu,” tukasnya.(njr) 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)